Adiwana Resort Jembawan dan Jamu Sehati Gelar Medicine By Nature, Kolaborasi Workshop Meracik Jamu
Event Medicine By Nature oleh Adiwana Resort Jembawan berkolaborasi dengan Jamu Sehati. (ist)

Adiwana Resort Jembawan dan Jamu Sehati Gelar Medicine By Nature, Kolaborasi Workshop Meracik Jamu

UBUD, fokusbali.com – Berkolaborasi dengan sebuah UMKM yang bergerak dalam pembuatan minuman herbal tradisional, Adiwana Resort Jembawan dan Jamu Sehati untuk pertama kalinya menghadirkan workshop pembuatan jamu yang bertempat di Herb Library pada hari Sabtu (6/11/2021).

Mengangkat tema “Medicine by Nature”, acara ini digelar untuk meningkatkan kesadaran akan adanya pendekatan yang tradisional dan alami untuk kesejahteraan

Berbicara tentang pola hidup sehat di Pulau Dewata, Ubud telah menjadi salah satu tempat favorit bagi mereka untuk kembali menemukan kehidupan yang dekat dengan alam.

Puji Siswanti selaku Managing Director Jamu Sehati menjelaskan, popularitas jamu di dunia pariwisata Bali kini semakin naik. Hal ini terbukti dari banyaknya pesanan jamu untuk perhotelan dan semakin banyaknya wisatawan asing yang mengkonsumsi jamu.

“Saat ini hamper 70 persen pelanggan kami adalah orang asing. Selain itu kami juga ekspor Jamu ke beberapa negara,” ujarnya ditemui seusai workshop.

Puji yang memulai usaha Jamu sejak 2015 ini mengakui bahwasannya butuh usaha ekstra untuk mempopulerkan minuman sehat ini ke dunia pariwisata khususnya pasar WNA.

Puji Siswanti, Managing Director Jamu Sehati, saat workshop Medicine by Nature.
Puji Siswanti, Managing Director Jamu Sehati, saat workshop Medicine by Nature. (ist)

“Kami sadar jamu ini punya prospek luarbiasa. Oleh karena itu kami membuat jamu yang enak sehingga saat pertamakali bule coba, mereka langsung tertarik,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, usaha untuk memperkenalkan jamu ini juga diperdalam dengan berbagai literasi kuno khususnya dari Pulau Jawa.

“Saya mencari resep dan literasi tentang Jamu klasik tradisional sampai ke Yogjakarta dan Solo. Sejarah tentang jamu yang usianya sudah ribuan tahun ini juga menjadi kunci mengangkat Jamu dikalangan orang asing,” paparnya seraya menambahkan produknya dibuat dengan masih dengan cara tradisional dan dikematanpa menggunakan bahan dari plastik.

BACA JUGA:   Cari Tempat Nyaman untuk Nongkrong sambil Bekerja di Denpasar? Mampir ke Sendiri Coffee Bar

Terkait tata cara minum Jamu, wanita asal Bandung ini menjelaskan sebaiknya diminum saat perut kosong terutama saat bangun tidur di pagi hari atau sebelum tidur malam. Sedangkan jika memiliki masalah pencernaan seperti maag, bisa mengkonsumsi jamu setelah makan.

“Jamu itu gaya hidup, jadi sebaiknya diminum tidak hanya saat sakit tapi jadikanlah pola hidup. Rutinitas itulah yang akan menghindarkan dari sakit atau mempercepat recovery setelah sakit,” jelasnya.

Melalui Medicine by Nature, Adiwana Resort Jembawan turut serta dalam menghidupkan kembali industri pariwisata di Bali, khususnya di Ubud.

Adiwana Resort Jembawan sebagai tuan rumah acara ini berharap dapat mendukung dan meningkatkan gaya hidup sehat, mewujudkan pelestarian kekayaan cita rasa Indonesia, serta menghidupkan kembali semarak rangkaian event kuliner yang ada di Ubud.

Sales Manager Adiwana Resort Jembawan Bayu Rahmadhi
Sales Manager Adiwana Resort Jembawan Bayu Rahmadhi. (ist)

Sales Manager Adiwana Resort Jembawan Bayu Rahmadhi mengatakan,  Herb Library dan Adiwana Resort Jembawan mengadakan event Medicine by Nature ini lebih untuk memberikan informasi mengenai jamu, mulai dari cara pembuatan, manfaat bagi tubuh.

“Jamu juga merupakan minuman tradisional herbal yang sangat sesuai jika disandingkan dengan konsep Herb Library dan Adiwana Resort Jembawan sebagai boutique wellness resort. Di samping itu juga sesuai dengan keinginan untuk membangkitkan pariwisata Bali dan Ubud pada khususnya,” ujarnya.

Disambut dengan canapé dan segelas jamu, acara diisi dengan seminar pembuatan jamu secara khusus oleh Jamu Sehati.

Para tamu akan diperkenalkan dengan segudang manfaat dari jamu serta filosofi dari jamu itu sendiri. Dilengkapi dengan sesi tanya jawab, para tamu diberi kesempatan untuk mengutarakan rasa penasaran mereka terhadap jamu.

Para tamu juga menikmati hidangan yang telah disiapkan secara khusus oleh chef dari Herb Library. Di akhir acara, para tamu yang beruntung akan mendapatkan kesempatan memenangkan berbagai door prize menarik.

BACA JUGA:   Sanctoo Suites & Villas Tawarkan Kemewahan Akomodasi Khas Ubud

Berasal dari kata “Ubad” yang berarti obat, Ubud terkenal akan alamnya yang mistis dan kaya akan kekuatan yang dapat menyembuhkan. Kini, Ubud pun telah menjadi surga untuk mereka yang mencari berbagai olahan makanan dan minuman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Adiwana Resort Jembawan merupakan sebuah wellness boutique retreat yang terletak di pusat Ubud dengan berfokus pada peremajaan tubuh, pikiran dan jiwa.  Tempat di mana penyembuhan untuk pembaharuan dibalut dalam solusi sederhana. Disinilah tempat di mana setiap orang didorong untuk menemukan relaksasi, menikmati makanan bergizi dan kembali ke dasar hidup dengan baik.

Sebagai wellness boutique resort, Adiwana Resort Jembawan juga dilengkapi dengan sebuah restoran yang menyajikan olahan menu sehat dan bergizi sebagai hidangan utamanya yaitu Herb Library.

Dengan bahan-bahan segar pilihan, para tamu dapat menikmati sajian yang kaya akan nutrisi dengan cita rasa yang tak akan terlupakan dan tak dapat ditemukan di tempat lain.

Komentar