Pujawali di Pura Pasar Agung Batur

Pujawali di Pura Pasar Agung Batur Digelar Tiga Hari

BANGLI, fokusbali.com – Pujawali Sasih Jiestha di Pura Pasar Agung Batur, Desa Adat Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli dilaksanakan tiga hari. Upacara diawali dengan pelaksanaan Upacara Pangodal pada Jumat (15/4) sampai pelaksanaan upacara Masineb pada Senin (18/4).

“Puncak upacara kami gelar Sabtu, 16 April 2022 tepat Purnamaning Sasih Jiestha atau Kadasa Wayah. Rangkaian dimulai dari upacara Ida Bhatara-bhatari Medal, Lunga ke Parahyangan Pura Pasar Agung Batur, serta katuran pasucian pada 15 April 2022,” kata Pangemong Pura Ulun Danu Batur, Jero Gede Batur Duhuran.

Pujawali di Pura Pasar Agung Batur

Jero Gede menjelaskan, rangkaian upacara dilanjutkan pada 17 April 2022 dengan pelaksanaan Bhakti Pangayar oleh Desa Adat Batur sebelum dilaksanakan Bakti Panyineb tanggal 18 April 2022 pagi.

Jero Gede mengimbau umat yang akan bersembahyang ke Pura Pasar Agung dapat menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan  agar umat tetap menjaga kebersihan dan ketertiban selama proses upacara.

“Kami tetap mengimbau agar umat yang akan tangkil muspa dapat melaksanakan prokes, tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, kami akan siapkan tempat cuci tangan sebelum masuk ke mandala utama pura. Kami juga mengingatkan agar sarana sisa persembahyangan dapat dibawa kembali setelah digunakan dan tetap hati-hati saat perjalanan menuju pura, mengingat kondisi jalan yang agak sempit,” katanya.

Pura Pasar Agung Batur merupakan satu pura pangideran dari Pura Ulun Danu Batur yang merupakan  tempat untuk memuluiakan Ida Bhatari Batur dalam fungsinya memutar kesejahteraan hidup dunia.

Pura ini terletak sekitar 12,8 km atau dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Pura Ulun Danu Batur. Letaknya tepat di madya (tengah-tengah) Gunung Batur yang dapat ditempuh melalui jalur Pura Jati.

Komentar